Assalamu'alaikum Wr.Wb Selamat Datang di Blog Dunia Pendidikan Berbagi Wawasan Keilmuan, Keislaman Oleh : Sahrialsyah Sinar, M.Pd.I

Kamis, 28 Oktober 2010

PENDIDIKAN

Apakah pendidikan itu? Pendidikan adalah segala usaha yang dilakukan untuk mendidik manusia sehingga tumbuh dan berkembang serta memiliki potensi atau kemampuan sebagaimana mestinya.
Ada tiga unsur utama yang harus terdapat dalam proses pendidikan,yaitu :
a.Pendidik (orangtua/guru/ustadz/dosen/ulama/pembimbing).
b.Peserta didik (anak/santri/mahasisw/mustami).
c.Ilmu atau pesan yang disampaikan (nasihat/materi/pelajaran/kuliyah/ceramah/bimbingan)
Selain itu ada tiga unsur sebagai pendukung atau penunjang dalam proses pendidikan agar mencapai tujuan yang diharapkan,yaitu :
a.Tersedianya sarana dan prasarana yang memadai:yaitu berupa ruangan,bangunan atau tempat tertentu misalnya ruangan kelas.bangunan sekolah, perpustakaan,masjid, laboratorium,museum, koperasi dan sebagainya.
b.Metode yang menarik, peran metode dalam pendidikan sangatlah penting.sehubungan itu dianjurkan agar menggunakan metode yang menarik perhatian peserta didik,misalnya dalam pemberian nasihat atau ceramah diselingi oleh kisah-kisah para Nabi dan Rasul,sahabat,atau orang-orang salih,juga hendaknya jangan hanya menggunakan satu metode tapi gunakan metode-metode yang lainnya lebih baik lagi apabila dengan disertai menggunakan alat peraga.
c.Pengelola/Manajemen yang profesional,untuk mencapai hasil pendidikan sesuai dengan yang diharapkan maka perlukan pengelola/manajemen yang profesional.ketertinggalan sebagian umat islam dalam bidang pendidikan pada masa sekarang ini disebabkan kerena kurangnya sumber daya manusia (SDM) yang berkualitasa tinggi,kurangnya kemampuan dalam hal finansial/keuangan dan kurangnya pengelola/manajemen yang profesional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar