Assalamu'alaikum Wr.Wb Selamat Datang di Blog Dunia Pendidikan Berbagi Wawasan Keilmuan, Keislaman Oleh : Sahrialsyah Sinar, M.Pd.I

Jumat, 15 Januari 2010

HAKIKAT PENDIDIKAN ISLAM

Pendidikan di lembaga erat kaitanya dengan kewajiban menuntut ilmu. seperti di ketahui menuntut ilmu dalam islam hukumnya wajib, dalam sebuah hadits Qudsi,Allah Swt,berfirman :
"Wahai anak Adam (seluruh manusia)belajarlah ilmu-ilmu yang wajib atas kamu untuk mempelajarinya,kerena barang siapa yang tidak memiliki ilmu,maka ia tidak mempunyai akal dan tidak pula Agama,Barang siapa yang tidak mempunyai agama maka di akhirat ia tidak mempunyai surga."
Hakikatnya pendidikan itu merupakan :
  1. Proses yang pasti, karena bersumber dari sifat Allah yang mendidik yang menciptakan manusia secara fitrah selalu menginginkan kemajuan secara terus menerus.
  2. proses yang tetap, karena bersumber dari Allah dan berproses sesui dengan sunnatullah dan tidak bergeser sedikitpun.
  3. Proses yang objektif, kerena pendidikan berlaku untuk segenap manusia tidak bergantung kepada apa dan bagaimana status sosialnya di muka bumi ini.
  4. Memelihara ketauhidan umat manusia terhadap Allah SWT, yang merupakan inti dari hidup dan kehidupan umat manusia adalah untuk beribadah kepada Allah SWT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar